Gloomy Sunday dan Reverse-Karlmeyer: Lagu Misterius Perusak Psikologis

Kenapa Gloomy Sunday dan Reverse disebut lagu perusak jiwa? Konon Lagu tersebut banyak mempengaruhi kerusakan jiwa seseorang.

1. Gloomy Sunday

Lagu ini  disebut sebagai lagu bunuh diri (suicide song), karena pada kenyataannya memang banyak yang bunuh diri setelah mendengar lagu ini. Judul asli lagu ini adalah Szomorú Vasárnap atau dalam bahasa Indonesianya dapat diartikan sebagai Hari Minggu yang kelam. Syair lagu ini diambil dari puisi seorang pujangga Lazlo Javor yang diciptakan pada tahun 1933 dan digubah oleh Rezső Seress yang berkebangsaan Hungaria. Lagu ini bercerita mengenai seseorang yang bunuh diri karena ditinggal mati kekasihnya. Dan mengejutkannya lagi, setelah lagu ini dirilis, kekasih Lazlo mencabut nyawanya dengan surat yang berbunyi “gloomy sunday”. Tidak lama kemudian, muncul kasus bunuh diri yang tidak bisa dibilang sedikit. Tidak lama setelah kematian kekasih Lazlo, seorang pegawai negeri Hungaria menembak dirinya. Mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup diatas lirik Gloomy Sunday. Selain itu, terjadi percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang gadis. Ketika terpergok, mengalun lagu Gloomy sunday. Kondisi menjadi tidak terkendali, pemerintah Hungaria pun melarang pemutaran lagu ini di tempat-tempat umum. Lagu ini disalahkan karena kasus bunuh diri meningkat. namun, ketenaran lagu ini sudah mencapai negara-negara lain.  akhirnya, lagu ini sedikit diubah oleh pemerintah Amerika.

Aku sering denger lagu ini, tapi ga niat bunuh diri tuh. hehe. Liriknya memang menggambarkan keputus asaan seseorang. Awalnya lagu ini hanya terdiri dari 2 version: version1 dan version2. Tapi karena banyaknya kasus yang terjadi maka ditambahkan satu version: version 3.

liriknya:

Version1:

Sunday is gloomy,

My hours are slumberless

Dearest the shadows

I live with are numberless

Little white flowers

Will never awaken you

Not where the black coaches

Sorrow has taken you

Angels have no thoughts

Of ever returning you

Wouldn’t they be angry

If I thought of joining you?

Version2:

Gloomy sunday

Sunday is gloomy

With shadows I spend it all

My heart and I have decided

To end it all

Soon there’ll be candles and prayers

That are said I know

But let them not weep

Let them know

That I’m glad to go

Death is no dream

For in death I’m caressi’n you

With the last breath of my soul

I’ll be blessin’ you

Version 3:

Gloomy sunday

Dreaming

I was only dreaming

I wake and I find you asleep

In the deep of my heart here

Darling I hope

That my dream never haunted you

My heart is tellin’ you

How much I wanted you

Gloomy sunday

Kurang lebih dalam bahasa Indonesia artinya seperti ini (translate sendiri nih aku):

Version1:

Minggu yang kelam

Waktuku yang tidak pernah tidur

Bayangan tersayang

Aku hidup dengan menghitung jumlahnya

Bunga putih kecil

Takkan pernah membangunkanmu

Tidak pula di mana kereta hitam

Kesedihanmu

Malaikat tidak pernah berpikir

Untuk mengembalikanmu

Akankah mereka marah

Bila aku ikut bersamamu?

Version2:

Minggu kelam

Minggu yang kelam

dengan bayangan aku habiskan itu semua

Hatiku dan aku sudah memutuskan

untuk mengakhiri itu semua

Segera akan ada lilin-lilin dan pendoa

yang  tahu aku

Tapi biarkan mereka tidak menangis

Biarkan mereka tahu

Bahwa aku pergi dengan senang

Kematian bukanlah mimpi

dalam kematian aku membelai dirimu

dengan nafas terakhir dari jiwaku

Aku akan memberkatimu

Version 3:

Minggu kelam

Mimpi

Aku hanya bermimpi

Aku terbangun dan menemukanmu tertidur

Di dalam hatiku ini

Sayang, aku berharap

mimpiku takkan pernah menghantuimu

hatiku berkata padamu

betapa aku menginginkanmu

minggu kelam

2. Reverse-karlmayer

Sebenarnya ini bukan lagu sih. Cuma kayak instrumen. Tapi hati-hati bila mendengarkan ini. Kayaknya memang bener-bener bikin otak rusak. Aku saja hanya bisa mendengarkan selama 40 detik dan langsung pusing. Konon nih ya, reverse ini digunakan untuk mengintrograsi tahanan. Mungkin tujuannya untuk merusak psikologisnya kali ya? coba aja deh dengar.

http://mp3skull.com/mp3/reverse_karl_meyer.html

sumber: berbagai sumber

11 comments on “Gloomy Sunday dan Reverse-Karlmeyer: Lagu Misterius Perusak Psikologis

  1. Merinding … Udah pernah dengerin Reverse, tapi setelah baca banyak artikel ttg reverse, jadi gak berani buat dengerinnya …

  2. biasa aja :p
    aku udah nonton videonya sampe 8x juga gak apa2 tuh ???
    videonya unik,masa ada 2 orang anak yg mirip upin ipin,ada ladang bunga yg indah,ada badut mc donald,ada topeng apaan tau,dll. 😀

  3. aq bernyanyi
    gloomy sunday haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    aq lah penerusnya

  4. Glommy Sunnday tuh Puisi yg di iramai lagu..saya suka denger kok. Enak lagunya..coba deh buka lilium elfen kalo tau artinya hebat..

Leave a comment